Cara Cek Kondisi Power Supply Komputer

Bagi Anda yang memiliki komputer desktop atau PC dirumah, tentunya pernah mengalami trouble dengan komputer tersebut. Mungkin komputer berjalan lambat, sistem error atau tidak bisa booting atau komputer mati tanpa ada tanda-tanda kehidupan meskipun sudah dicolokkan ke listrik. Disini saya akan coba berbagi pengalaman tentang kerusakan pada komputer, dalam hal ini komputer mati.

Ada beberapa penyebab komputer mati, mulai dari motherboard, power supply atau bisa juga ada msalah dengan kabel penghubung antara komputer dan listrik. Lalu bagaimana cara mengetahui bagian mana yang sebenarnya rusak? Untuk memulai pengecekan kita bisa mulai dari kabel, power supply dilanjut dengan motherboard.

cek-kondisi-power-supply

Untuk melakukan pengecekan kabel listrik ini adalah hal yang paling mudah, tapi bagaimana denga power supply? Untuk mengecek power supply hidup atau mati kita harus menggunakan sedikit trik, karena power supply tidak akan bekerja jika tidak diberi beban.

Berikut ini trik yang bisa digunakan untuk mengecek power supply:

  • Lepas semua kabel power supply yang terhubung ke motherboard ataupun kipas di komputer
  • Cari kabel yan sudah tidak dipakai dan potong beberapa centimeter panjangnya kemudian kelupas
  • Gunakan kabel yang sudah dikelupas pembungkusnya untuk menghubungkan kaki-kaki kabel power supply antara warna hijau dan hitam
  • Hubungkan power supply ke listrik

Jika kipas power supply mati, maka bisa dipastikan power supply mengalami kerusakan (mati). Namun jika kipasnya menyala maka ada kemungkinan rusak pada bagian motherboard. Anda bisa menggantinya atau memperbaiki motherboard tersebut.

Namun jika Anda kurang begitu paham dengan bagian-bagian motherboard maka Anda bisa coba bawa ke tempat service komputer terdekat.

Kalau bermanfaat, tolong dibantu ya...
Cara Cek Kondisi Power Supply Komputer | admin | 4.5